Perayaan Tumbuh dan Hidup untuk Usia Setahun Bring Archive History

Bring Archive History (BAH)

19 November 2022

Teks: Adjust Purwatama


Kelahiran yang ditandai pada 10 November 2021, adalah bukti bahwa Bring Archive History mulai menepati satu per satu janji dan mimpi kepada diri sendiri. Yang ingin mengumpulkan ratusan (mungkin ribuan) karya dari para seniman musik dan visual yang ada di kota kelahiran kami, Palu (Sulawesi Tengah). Geliat ini dimulai dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan perihal karya baru apa yang ada dari Palu, dan bagaimana mengakses karya-karya tersebut. Atas dasar keinginan dan keresahan yang dirasakan, BAH (Bring Archive History) dibuat sebagai salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut. BAH sendiri adalah sebuah wadah yang diperuntukan sebagai arsip beberapa kultur populer yang ada di Palu, Sulawesi Tengah. Kultur tersebut adalah seni musik dan seni visual.


Kini, tepat di usia satu tahun, Bring Archive History membuat sebuah perayaan kecil untuk memberikan suguhan dan rasa terima kasih teramat besar kepada mereka-mereka yang sudah mendukung wadah pengarsipan kecil ini. Muncullah ide menggelar sebuah pameran kecil, yang di dalamnya terdapat 10 karya dari 10 teman illustrator yang berasal dan pernah di Palu, yang telah merespon 10 lagu dari lagu pilihan mereka sendiri. Hal ini dimaksudkan sebagai pembuktian bahwa kita punya sosok hebat dalam dunia ilustrasi. 10 karya yang hadir berupaya untuk memvisualisasikan 10 lagu dari para band Palu. Pertemuan konsep visual dan makna lagu dituangkan ke ragam gaya berkaryanya mereka masing-masing.


Bentuknya sangat sederhana. Berpameran di dalam web bah.asia yang telah berdiri selama 1 tahun, agar para pengunjung yang datang juga bisa menikmati ratusan lagu dan belasan karya visual dari seniman yang telah terarsipkan datanya. 10 lagu yang telah direspon, merupakan pilihan dari para illustrator masing-masing. Seperti yang sudah dibayangkan sebelumnya, hasil yang dihadirkan pun sangat menarik untuk disimak secara seksama. 10 karya  tersebut benar-benar menampilkan ciri khas dari masing-masing perupa yang ada. Menyenangkan, menyeramkan, menentramkan, melawan, dan meneduhkan, adalah apa yang kami bisa bilang setelah melihat hasil karya dari 10 illustrator tersebut. Semoga kalian yang melihat nanti, juga merasakan hal yang sama.


Selain pameran, secara spesial kami menghadirkan sebuah program bernama “Kado Spesial Untuk Musisi). Yang mana, di program tersebut kami memberikan kado berupa 1 video lirik dan 1 buah artwork. Sesuatu yang penting namun luput dibuat adalah kedua hal tersebut. Artwork bisa digunakan untuk apa saja yang bisa menghasilkan. Contohnya album atau merchandise. Video lirik pun, selama wadah digital masih terus ada dan berkembang, selama itu pula karya tersebut akan tersimpan.


“Upaya sederhana dengan memberikan dua kado tersebut, karena didasari oleh keinginan kami untuk melihat para teman musisi bisa terus produktif.” Tutur Adjust.
Pameran ini sendiri akan digelar di dua lokasi. Yang pertama dan menjadi lokasi utama, adalah website kami. Selama 10-20 November, kesepuluh karya tersebut akan dipajang. Bentuknya motion grafis dan tersematkan lagu dari para band pilihan illustrator. Sebuah hal yang menyenangkan, ketika kita melihat sebuah karya visual yang bergerak dan juga sekaligus mendengarkan lagu. Untuk lokasi kedua, secara khusus pameran ini akan dipertunjukkan ke khalayak ramai di Festival Titik Temu selama 11-13 November. Di sana nanti juga hadir #BAHCERITA bersama enam narasumber yang berkutat di dunia musik dan visual. Selamat melihat, mendengar, dan merayakan 1 tahun BAH (Bring Archive History)

Subscribe sekarang juga!

Subscribe untuk mengakses konten Premium Pmancar.com

Office

  • Jl. Serigala No.40, Mandala, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90135
  • © Pmancar.com 2021

Social Media